Diskusi Pemuda Kristen


BAHAN DISKUSI

TEMA : IPTEK  DAN  PEMUDA / I  KRISTEN
PENGANTAR DISKUSI
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) telah berkembang dengan sangat pesat sehingga pengaruhnya tidak dapat dielakan dalam kehidupan manusia. Terkhusus dalam kehidupan umat Kristiani, Iptek telah membawa berbagai perubahan dalam berperilaku, gaya hidup, kehidupan bergereja dan berjemaat bahkan kepada Iman Kristen. Perubahan-perubahan ini dapat bersifat baik maupun buruk, tergantung kepada sikap kita dalam memandang dan menerapkan Iptek dalam kehidupan sehari-hari.Bagaimana dengan pemuda/i Kristen yang cenderung berhubungan langsung dan atau berperan sebagai pengguna kebanyakan teknologi-teknologi terkini? Bagaima pemuda/i Kristen memandang Iptek? Bagaimana seharusnya sikap dan etika pemuda/i Kristen terhadap Iptek.Bagaimana pandangan Alkitab terhadap Iptek?
Ayat Pengantar Diskusi :I Timotius 6 : 20
Hai Timotius  (Pemuda/i Kristen), peliharalah apa yang telah dipercayakankepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut
pengetahuan.Kolose 3 : 17
Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan PERKATAAN  atau perbuatan,lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Pertanyaan-Pertanyaan Diskusi
1.      Apakah Pemuda/i Kristen harus menerima atau menolak Iptek? Mengapa?2.
2.     Berikan contoh-contoh teknologi yang sering Anda gunakan? Jelaskan bagaimana anda menggunakan teknologi tersebut minimal 2 ? Apa ada perubahan sebelum Anda menggunakan teknologi tersebut dan sesudah Anda menggunakannya? Ceritakan!
3.     Berikan contoh pengaruh-pengaruh baik atau positif Iptek dalam kehidupan Pemuda/i Kristen?
4.     Berikan contoh pengaruh-pengaruh buruk atau negatif Iptek dalam kehidupan Pemuda/i Kristen?
5.   Bagaimana sikap pemuda/i Kristen terhadap Iptek agar tetap terjaga dan bertumbuh Iman dan Karakter Kekristenannya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA IBADAH NATAL SMTPI SEKTOR CALVARI JEMAAT GPM PETRA

Joung Tepa pembekuan ikan